Tugu Nol Kilometer Sabang

Tugu Nol Kilometer Sabang

Tugu Nol Kilometer atau (Monumen Kilometer Nol) adalah sebuah tugu penanda geografis yang unik di sabang Indonesia. Hal ini berkaitan perannya sebagai simbol perekat Nusantara dari Sabang di Aceh sampai Merauke di Papua. Tugu ini bukan saja menjadi penanda ujung terjauh bagian barat di Indonesia tetapi juga menjadi objek wisata sejarah yang sering di kunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Lokasi
Tugu Nol Kilometer terletak di areal Hutan Wisata Sabang tepatnya di Desa Iboih Ujong Bau, Kecamatan Suka karya atau sekitar 5 km dari Pantai Iboih. Letaknya di sebelah barat kota Sabang sekitar 29 kilometer atau memakan waktu sekitar 40 menit jika menggunakan kendaraan.

Aktivitas
Di lantai pertama monumen terdapat sebuah pilar bulat dan terdapat prasasti peresmian tugu yang ditandatangani Wakil Presiden Try Sutrisno, pada 9 September 1997. Di lantai kedua terdapat sebuah beton bersegi empat dimana  tertempel dua prasasti yaitu prasasti pertama ditandatangani Menteri Riset dan Teknologi/Ketua BPP Teknologi BJ. Habibie, pada 24 September 1997. Prasati kedua  menjelaskan posisi geografis tempat ini yaitu 05 54" 21,99 Lintang Utara - 95 12" 59,02" Bujur Timur.

prasasti peresmian tugu
Pemandangan dari atas tugu sungguh sangat menawan dimana membentang samudera lepas yang seakan tak terbatas. Mengapa tidak tunggulah hingga Matahari larut di birunya air laut Samudera Hindia. Menikmati sunset di ujung paling barat kepulauan di Indonesia ini tak mungkin tersandingkan dengan pengalaman sunset serup di bagaian lainnya kecuali Tugu Nol Kilometer di Merauke. 

Comments