Pulau Pari

Pulau Pari

Pulau Pari merupakan sebuah pulau yang apabila di lihat dari atas atau foto udara maka akan nampak seperti ikan pari. Pulau pari adalah salah satu destinasi yang dapat Anda coba untuk merasakan keindahan dan kesegaran panorama alam yang sejuk di dalam kawasan gugusan di Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu Jakarta.

Pulau Pari terbagi menjadi dua wilayah, yaitu bagian kepala atau (timur pulau) dan bagian badan hingga ekor atau (barat pulau). Ke dua wilayah ini memiliki fungsi yang berbeda yang mana pada bagian barat berupa cekungan yang menjadi lokasi pemukiman penduduk dan vegetasi air tawar. Sementara pada bagian satunya di timur merupakan bagian pesisir pantai yang luas dan indah, di bagian ini juga terdapat hutan magrove alami yang dijaga oleh penduduk sebagai penahan abrasi laut.

Populasi penduduk di pulau pari sekitar 700 orang dengan luas permukaan sekitar 43 hektare, Pulau ini tidak seramai dengan Pulau Pramuka atau Pulau Tidung namun suasananya yang sunyi dan bersih membuat banyak wisatawan menjadikannya destinasi terfavorit.

Aktivitas
Di pulau yang tidak terlalu luas ini Anda dapat menikmati indahnya pemandangan pantai sambil berjalan menjelajahi pesisir pantai. Desiran angin yang sejuk, pasir putih lembut, dan hempasan ombak yang tenang akan menahan Anda untuk berlama-lama menikmati keindahan pulau pari.

Di Pulau Pari selain menjelajahi pesisir pantai dan alam bawah laut, Anda juga daat melakukan kegiatan budidaya rumput laut. Pada bagian sebelah barat pulau pari dimanfaatkan sebagai Pusat Pengembangan Oseanografi oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Di sini Anda bisa menanam pohon ketapang, mangroove atau berkeliling ke pusat laboraturium milik LIPI disana juga terdapat biota laut yang ada di perairan Pulau Pari.

Lokasi
Pulau Pari terletak di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, Indonesia. Anda dapat menggunakan kapal cepat menuju Pulau Pari yang ditempuh dalam waktu 1-1,5 jam dari Dermaga Marina di Ancol atau dari Pelabuhan Kaliadem di Muara Angke, Jakarta Utara.


Comments